Rabu, 26 Oktober 2016

Breakdown (1997)

Sepasang suami istri, Jeff (Kurt Russell) dan Amy Taylor (Kathleen Quinlan) melakukan perjalanan dari Boston ke San Diego dengan mengendarai sebuah mobil jeep baru. Selama perjalanan Jeff sempat berkonfrontasi dengan pengemudi truk kemudian melanjutkan perjalanan lagi. Di tengah-tengah jalan, mobil pasangan suami istri ini mogok. Jeff merasa kalau mogoknya ini di sebabkan oleh mesin mobilnya yang terlalu panas. Ia memutuskan untuk berhenti sejenak sambil menunggu mesinnya dingin. Tak lama kemudian, seorang pengemudi semi-trailer truck bernama Red Barr (J.T. Walsh) menepi dan menawarkan tumpangan kepada mereka. Jeff bersikukuh untuk tetap tinggal bersama mobilnya. Namun, ia menyuruh Amy untuk ikut Red ke pemberhentian terdekat dan akan menyusulnya. Setelah mobilnya bisa nyala, ia menyusul ke sebuah kedai terdekat. Namun yang terjadi ia tidak mendapati istrinya disana sesuai perjanjian. Ia segera menyadari bahwa ada sesuatu yang tidak beres.
Ya, paragraf diatas adalah gambaran singkat untuk film yang di sutradarai oleh Jonathan Mostow (U-571, Terminator 3). Naskahnya ditulis oleh Mostow sendiri dan Sam Montgomery. Awal mula bisa kesampaian nonton film ini karena iseng-iseng buka Google buat nyari list film thriller/mystery terbaik. Setelah baca beberapa list-nya, sering banget ketemu film yang judulnya Breakdown ini. Jujur, belum pernah dengar keberadaan film ini. Gaungnya seperti kurang terdengar. Palingan cuma kenal nama Kurt Russell doang yang terpampang jelas di posternya. Karena penasaran, langsung aja cari-cari filmnya dan nonton.
Mungkin, sekilas premisnya kita sudah pernah denger atau lihat di film-film thriller lain. Hal itu ada benernya juga. Apalagi ada nama Kurt Russell yang namanya tidak jauh dari genre sejenis. Tapi yang membuat film ini bisa di katakan "sedikit berbeda" adalah dari segi pengemasan ceritanya. Mostow dan Montgomery mengemasnya dengan baik. Penonton di posisikan sebagai Jeff yang kehilangan istrinya. Kita sama tidak tahunya seperti Jeff. Penonton di ajak mencari-mencari petunjuk yang ada. Sampai akhirnya kita di berikan sebuah jawaban atas apa yang terjadi di pertengahan film. Wait, di pertengahan film?
Relax, it's not big a deal. Film ini mulai merubah tone berceritanya. Kita selanjutnya di perlihatkan bagaimana Jeff melalui apa yang terjadi pada dirinya. Lebih tepatnya bagaimana ia akan menyelesaikan masalah yang ia alami. Disini, penonton diajak melihat sebuah proses. Sampai nanti film ini mencapai klimaks dan penyelesaiannya. Film ini merubah tone ceritanya lagi. In my opinion, film ini membagi babak ceritanya menggunakan tiga tema yang berbeda. Paruh awal adalah mystery, pertengahan film adalah thriller, dan bagian terakhir adalah action. Isn't that something? That's why this movie is an effective thriller/mystery/action movie.
Jelas, yang paling bersinar disini adalah Kurt Russell. Russell memerankan Jeff dengan solid. Kita bisa merasakan kegelisahannya saat kehilangan istrinya. Meski, ada satu hal yang mengganggu yaitu ketika karakter Jeff ini tiba-tiba bisa melakukan adegan aksi - dan itu rasanya agak gimana gitu (terutama waktu gelantungan di bawah truk dan itu adegan yang edan sekali). But f*ck it, bukankah ini yang kita harapkan saat menonton film beginian? Yah, untuk para pemeran lain mereka sudah berperan dengan baik sesuai dengan porsi karakternya masing-masing. Alur cerita Breakdown ini gak rumit-rumit banget. Ini adalah film yang straight-forward jadi gampang buat diikuti.
Overall, I never thought I would love this movie. It's f*cking awesome! Breakdown is intense, thrilling, and I called it a good action movie. Especially that car chase scene. Kurt Russell is a rock star in this movie. Seriously, I had no idea why is this movie so underrated.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar